News  

Ini Penjelasan Kepala Cabang DKP Lingga Soal Kuota Minyak Solar untuk Nelayan

cMczone.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), melalui Cabang DKP Lingga, melaksanakan ‘Rapat Penyelarasan Kuota BBM Solar Subsidi dan Penerbitan Rekomendasi BBM Solar Subsidi Sektor Perikanan’, di Balai Pertemuan Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, Kamis (14/7/2022).

Kepala Cabang DKP Lingga Naskarwandi memaparkan, bahwa kuota sektor perikanan yang diamanahkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga berjumlah 171 ton.

Untuk PT Sinar Singkep Sejahtera 155 ton dan untuk PT Global sebesar 16 ton. Kuota tersebut, kata Naskarwandi, memang pada kenyataannya masih jauh dari harapan nelayan.

“Akan tetapi, hari ini kita mengadakan rapat untuk menyelaraskan kuota sektor perikanan kepada sub penyalur yang telah ditetapkan oleh Bupati Lingga (Muhammad Nizar) untuk Wilayah Pulau Singkep, agar ke depan tidak timbul persoalan,” ujar Naskarwandi.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Pimpin Sertijab Kakanwil Kemenkumham Kepri: Saffar Muhammad Gantikan Agung Rektono

Naskarwandi menjelaskan, bahwa permasalahan terkait pembagian minyak solar subsidi untuk masing-masing konsumen pengguna perikanan di bawah sub penyalur.

Cabang DKP Lingga dan Dinas Perikanan Lingga, hanya berupaya untuk memfasilitasi antara penyalur dan sub penyalur atas penggunaan kuota minyak untuk sektor perikanan.

“Hari ini, kita berupaya mencari solusi dan menjelaskan atas penggunaan minyak sebesar 171 ton yang dialokasikan untuk sektor perikanan yang telah disalurkan oleh penyalur kepada sub penyalur, karena minyak sektor perikanan masih jauh dari harapan yang kita inginkan. Mudah-mudahan ke depan, Pertamina atau Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) bisa mengakomodir keinginan kekurangan atas minyak solar subsidi untuk Wilayah Lingga. Untuk itu, minyak yang ada saat ini benar-benar sampai kepada konsumen pengguna sektor perikanan,” jelas Naskarwandi.

Baca Juga :   Pembangunan PTA dan PT: Gubernur Kepri Serahkan Sertifikat Lahan pada Ketua MA

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Lingga Sutarman mengatakan, bahwa Pemkab Lingga akan senantiasa memperhatikan persoalan nelayan, karena nelayan merupakan masyarakat Lingga yang tidak bisa diabaikan.

“Salah satu pengaduan yang senantiasa sampai pada Dinas Perikanan Lingga adalah masalah minyak sektor perikanan. Mudah-mudahan kuota yang telah diberikan walaupun masih jauh dari harapan dapat dipergunakan nelayan untuk mencari nafkah,” kata Sutarman.

Rapat yang dipimpin oleh Kepala Cabang DKP Lingga ini, menghasilkan:

1. Kuota yang telah disalurkan oleh penyalur kepada sub penyalur tetap dan tidak ada perubahan sebelum ada pertambahan minyak dari pihak Pertamina.
2. Terkait persyaratan rekomendasi yang masih belum dikeluarkan akan menjadi pertimbangan Cabang DKP Lingga untuk segera mungkin mempermudah nelayan mendapatkan izin untuk kapal di bawah 5 GT.

Baca Juga :   Bahas PMI, Gubernur Kepri Rakor bersama Deputi III & V BNPB

Terakhir Naskarwandi berharap, agar nelayan memberikan dukungan bersama kepada Gubernur, Bupati, Kepala DKP Provinsi Kepri, Kepala Dinas Perikanan Lingga atas perjuangan para stakeholder untuk penambahan kuota minyak solar subsidi kepada BPH Migas dan Pertamina.

Hadir pada rapat tersebut, Kepala Cabang DKP Lingga Naskarwandi, Kepala Dinas Perikanan Lingga Sutarman, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Diskan Lingga, Polres Lingga, Pelda Emil Salim Danpos Tim Intel Korem 033/WP Lingga, Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Lingga, PT Sinar Singkep Sejahtera dan sub penyalur Wilayah Singkep.

Editor: Budi Adriansyah