Berita  

M. Idroes : Aparatur Peradilan Harus Sejalan Dengan Nilai-nilai Peradilan Guna Memperkokoh Kepercayaan Publik Terhadap Pengadilan

Cmczone.com- Pengadilan Tinggi (PT) Riau yang sebelumya dipimpin oleh Panusunan Harahap, mulai tanggal 29 Agustus 2022 yang lalu dipimpin oleh Mohammad Idroes sebagai KPT (Ketua Pengadilan Tinggi).Beliau sudah 3 kali bertugas di pulau Sumatera dengan beberapa jabatan sebelumnya seperti saat di Bangka Belitung menjabat sebagai WKPT, di Bengkulu sebagai KPT dan saat ini di Riau juga sebagai KPT.

M.Idroes yang baru saja menjabat Ketua Pengadilan Tinggi Riau menerima silaturrahmi Ketua Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Provinsi Riau dan beberapa wartawan pada Selasa (13/09/2022) bertempat di ruang kerja Ketua Pengadilan Tinggi Riau Jalan Sudirman Pekanbaru. Dalam pertemuan ini M. Idroes yang didampingi oleh Humas PT Riau, Baktar J Nasution menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran rekan-rekan wartawan, beliau sangat apresiasi kepada rekan-rekan wartawan yang peduli terhadap Lembaga Pengadilan, dan semoga pertemuan ini dapat menjalin kemitraan yang sifatnya membangun, M. Idroes kembali menegaskan apa yang pernah disampaikan Ketua Mahkamah Agung agar menjalin kerjasama dengan wartawan manapun terutama wartawan dimana kita ditugaskan dengan tujuan untuk membangun kepercayaan publik.

Baca Juga :   Gebyar Muharram Syiar dan Syair 2022

“Jajaran Mahkamah Agung, dimanapun bertugas selalu diingatkan untuk bermitra dengan Wartawan, agar masyarakat luas lebih mengetahui apa saja kerja kami, bagi kami wartawan adalah penyambung lidah kami kepada pihak luar, kami juga berharap dalam penyajian berita kita sama-sama jujur dan berimbang,” harap Idroes yang sebelumnya menjabat KPT Banjarmasin ini.

“Saat ini semua informasi sudah terbuka dilingkungan Pengadilan, masyarakat luas bisa mengaksesnya kapanpun, dimanapun dan begitu juga dari sisi pengawasan, saat ini Mahkamah Agung setiap saat dapat mengetahui giat kita perharinya, sehingga dalam bekerja kita selalu diawasi agar terhindar dari hal hal yang bisa merugikan diri kita sendiri dan Institusi kita juga ,” tambahnya.

Baca Juga :   Pemikiran dan Perjalanan Muhammad Natsir Untuk Negara Indonesia

“Untuk mengembalikan nama baik itu sangat sulit dan butuh waktu lama, saya himbau kepada jajaran saya agar bisa menahan diri dari goda-godaan yang bisa menghentikan karir anda, ingatlah meraih karir tidak mudah butuh pengorbanan, juga ingat keluarga dan anak anak anda dirumah, mereka sangat membutuhkan anda,” tegas Idroes.

“Dalam kepemimpinan saya, insyaallah saya akan merubah mindset aparatur peradilan, sejalan dengan nilai-nilai peradilan yang nantinya dapat membangun dan memperkokoh kepercayaan masyarakat terhadap pengadilan, karena pengadilan adalah tempat untuk membuktikan kebenaran, dengan harapan kebenaran yang seadil adilnya, hal inilah yang akan menimbulkan kepercayaan publik, kepercayaan yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Kita akan buang paradigma yang mengatakan penyelesaian melalui jalur pengadilan akan berakhir dengan kenyataan menang jadi arang, dan kalah menjadi abu.Kita akan buang paradigma itu, karna pengadilan itu berpihak kepada yang benar, dan berpegang pada kebenaran,” tutup Idroes.

Baca Juga :   Wujudkan Pelayanan Yang Baik di Tengah Masyarakat, Polsek Sabak Barat Melakukan Pemasangan Sticker

Akhir penyampaiannya beliau kembali berharap Insan Pers dapat mempublikasikan beragam kegiatan, kebijakan dan pencapaian Pengadilan Tinggi Riau, beliau meminta agar rekan-rekan wartawan memberikan pemberitaan yang akurat, proporsional, berimbang terkait kegiatan dan kebijakan Pengadilan Tinggi Riau ini, beliau mengatakan kehormatan lembaga peradilan juga merupakan cerminan dari kehormatan Bangsa

(*)