Bersama Forkopimda, Ansar Ahmad Ikuti Upacara Peringatan Harlah Pancasila Secara Virtual

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepri, mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tingkat Nasional secara virtual di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Rabu (1/6/2022) pagi.

Secara terpusat, Presiden Joko Widodo (Jokowi), menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2022 di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tema yang diusung dalam peringatan Harlah Pancasila Tahun 2022 ini adalah ‘Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia’.

Pancasila menjadi modal utama bangsa Indonesia untuk bisa bangkit menjadi lebih kuat dalam menghadapi pergolakan dunia dewasa ini.

Baca Juga :   Diva Siswi SDN 001 Tanjungpinang Timur Juara Dongeng Pahlawan Bangsa

Dalam pidatonya, Jokowi mengajak seluruh anak bangsa Indonesia untuk membumikan Pancasila dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Dari Kota Ende, saya mengajak untuk seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, Pancasila tidak hanya sekedar mempersatukan bangsa, tapi Pancasila telah menjadi sebuah bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

“Ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan, agar seluruh anak bangsa mengamalkan dan memperjuangan Pancasila. Menjadi tugas bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara.

Baca Juga :   Kebakaran Puluhan Kios Didepan Bank Jambi Cabang Bangko

“Tapi saya selalu ingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila, kita wujudkan sistem kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa,” tegas Jokowi.

Usai mengikuti upacara peringatan Harlah Pancasila, Ansar melanjutkan kegiatan dengan memberikan kenang-kenangan untuk melepas Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri yang memasuki usia pensiun.

Salah satu diantaranya adalah Mariayani Ekowati, yang terakhir menjabat sebagai Asisten III Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kepri.

Ansar juga menyerahkan santunan manfaat jaminan kematian Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bagi Pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemprov Kepri.

Terakhir, Ansar menutup rangkaian kegiatan upacara peringatan Harlah Pancasila dengan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahap II kepada dua orang perwakilan guru PPPK. Sebanyak 264 orang guru SMA diterima menjadi PPPK yang tersebar di seluruh Provinsi Kepri.

Baca Juga :   Cegah Pandemi Covid-19, PT BAI Berikan Bantuan 100.000 Masker dan 1500 APD Kepada Pemprov Kepri

Tampak hadir dalam upacara peringatan Harlah Pancasila, yaitu Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara, Kas Kogabwilhan I Mayor Jenderal TNI Lismer Lumban Siantar, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, dan Kasrem 033/WP Kolonel Inf Enoh Solehudin.

Editor: Budi Adriansyah