News  

Pada BPN Roby Kurniawan Berharap Masyarakat Pesisir Punyai Hak Atas Tanah…

cMczone.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan Roby Kurniawan, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), di Ruang Rapat II, Kantor Bupati Bintan, Rabu, 14 September 2022.

Rakor tersebut dihadiri juga oleh Kakanwil BPN Kepulauan Riau (Kepri) Nurhadi Putra, dan Kepala BPN Bintan Asnen Novizar.

Rakor dilaksanakan untuk membahas prioritas kesejahteraan masyarakat di bidang pertanahan.

Roby menjelaskan terkait masalah pertanahan, bahwa masyarakat Kabupaten Bintan memang cukup banyak yang berdomisili di wilayah pesisir. Di mana wilayah tersebut merupakan wewenang dari KKP dan perlu koordinasi lebih lanjut bersama pihak BPN.

“Hampir di setiap wilayah pesisir ada masyarakat kita yang sudah berdomisili di sana, bahkan yang turun-temurun. Ada yang sudah memiliki surat sejak lama, ada yang belum, sebab banyak perubahan regulasi terkait perhitungan bibir pantai,” ungkap Roby.

Baca Juga :   HPN 2022: Pemprov Kepri Apresiasi Pers Peduli Kelestarian Mangrove

Roby berharap BPN bisa memberikan kontribusi terbaik untuk kenyamanan masyarakat pesisir dan juga yang terkena wilayah hutan, agar bisa nyaman dan tenang tinggal di atas tanah sendiri.

Menanggapi hal tersebut, Kakanwil BPN Kepri Nurhadi Putra menjelaskan, pihaknya memang fokus pada dua titik lokasi tersebut, yaitu pesisir dan hutan.

Hal itu merupakan amanat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Nurhadi, saat melaksanakan Rakor di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, beberapa waktu lalu.

“Sampai saat ini beragam upaya kami lakukan termasuk berdiskusi langsung dengan KKP. Ada dua cara yang bisa ditempuh, intinya terus kita gesa, dengan harapan masyarakat secara keseluruhan bisa memiliki hak atas tanahnya,” terang Nurhadi.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Serahkan Bantuan Dana Hibah untuk Rumah Ibadah di Tambelan

Roby yang juga merupakan Ketua GTRA Bintan menyatakan siap mendukung sepenuhnya berbagai upaya tersebut.

Hal ini diharapkan Roby, akan memberi manfaat besar dan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Editor: Budi Adriansyah