oleh

Yuk, Kenali Ciri-ciri Perilaku Adiksi NAPZA

Ciri-ciri kecanduan NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif) dapat dikenali melalui segi fisik maupun perilaku. Penggunaan narkoba bisa mempengaruhi orang-orang terdekat dari semua lapisan masyarakat. penyalahgunaan narkoba sudah berkembang, akan sangat sulit untuk berhenti menggunakan obat-obat terlarang tersebut tanpa perawatan profesional.

Penggunaan narkoba dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh dan pikiran hingga dapat berakhir pada kematian. Orang yang mengalami kecanduan tidak selalu jujur ​​tentang penyalahgunaan zat mereka. Maka dari itu penting untuk mengetahui ciri-ciri perilaku terhadap adiksi NAPZA.

Jika kamu memiliki orang terdekat yang dicurigai pecandu narkoba, dengan ciri-ciri pengguna narkoba ini kamu dapat mengindikasikannya dengan lebih tepat. Setelah mengenali ciri-ciri pengguna narkoba kamu dan lingkungan sekitar dapat melakukan pendekatan personal untuk dapat membantu kecanduannya.

Baca Juga :   Direktur SELARAS; Herman Susilo, Riau Bersiap Hadapi Pilkada Serentak 2020

Berikut ciri-ciri perilaku Adiksi NAPZA di rangkum Chitra Ananda Mulia, M.Psi, Psi  Ahli Psikolog dari Yayasan Arkananta Sejiwa Indonesia (ARSI). Bagaimana mengetahui dan mengenali tanda-tanda perilaku dari penggunaan NAPZA pada orang terkasih agar segera dapat diberikan bantuan dalam mencegah masalah dan penanganan lebih lanjut.

Yuk, kenali beberapa ciri perilaku yang muncul di antaranya :

1. Perilaku sehari-hari jadi tidak terkontrol

2. Mood mudah berubah

3. Ceroboh dan mudah terlihat gelisah

4. Sulit berkonsentrasi, merasa kesal dan tertekan

5. Perilaku ekstrem, menjadi aktif dan sangat banyak bicara atau justru menjadi penyendiri dan anti sosial

6. Sangat sensitif, terlebih jika ditegur

7. Makan sangat banyak dalam satu waktu atau justru bisa tidak makan berhari-hari

Baca Juga :   Rio Rinaldi | Hilangkan Stigma Buruk Para Mantan Pecandu Narkoba

8. Gangguan tidur

9. Dalam kasus yang lebih berat akan ada kecenderungan menyakiti diri

10. Munculnya gejala gangguan mental seperti delusi atau halusinasi

Itulah beberapa ciri-ciri mengenali tanda-tanda perilaku dari penggunaan NAPZA, Punya pertanyaan lebih lanjut seputar masalah psikolog, Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi.

Yayasan Arkananta Sejiwa Indonesia (ARSI) memberikan pelayanan konsultasi baik bagi penderita kecanduan, keluarga, atau anggota masyarakat lainnya.

Bergabunglah bersama kami untuk tetap terhubung dan berkomunikasi dengan saluran media sosial kami. Ikuti kabar dari kami di :

Info & Konsultasi (Gratis)
+62 813 1824 3867
+62 811 884 7454

Loading...

Komentar

Berita Lainnya