Ansar Ahmad Buka ‘Kejuaraan Panahan Antar Pelajar Se-Kepri’

Batam, cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, menghadiri dan membuka secara resmi ‘Kejuaraan Panah Antar Pelajar Se-Kepri’, di Sekolah Sultan Agung Batam, Taman Raya, Jalan M Saleh, Belain, Kota Batam, Sabtu (26/3/2022).

Turut hadir pada kesempatan ini, Anggota DPRD Kepri sekaligus Wakil Ketua KONI Kepri Asmin  Patros,  Ketua Perpani Kepri Abdul Razak, Staf Khusus Gubernur Kepri Sarafuddin Aluan dan Angelina, Kepala Badan Kesbangpol Kepri Lamidi, Kepala Dispora Kepri M Ikhsan, Kepala Dinas Pendidikan Andi Agung, Kepala Biro Umum Abdullah, serta Kepala Biro Administrasi Pimpinan Dody Sepka.

Juga turut hadir, Ketua Yayasan Sultan Agung Batam Fiadi Minarsa dan Direktur Pendidikan Sekolah Sultan Agung Yulia Yusman.

Panahan menurut Ansar, merupakan olahraga yang sudah merakyat di Indonesia, dengan dibuktikan banyak lahirnya klub-klub panahan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Maka, olahraga panahan ini menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati.

Kemudian, kalau berbicara dari sisi agama, olahraga panahan ini merupakan salah satu dari Sunnah Rasulullah. Karena, Rasulullah dulu, juga berolahraga panahan.

Baca Juga :   Kepri Ditunjuk PSSI sebagai Tuan Rumah Seleksi Pemain U-16 dan U-19

“Ternyata, setelah digali secara medis, olahraga panahan ini dapat memperkuat  konsentrasi, memperkuat keseimbangan tubuh, memperkuat koordinasi satu dengan yang lain serta mengajarkan kepada kita untuk fokus menghadapi sesuatu,” jelas Ansar.

Olahraga panahan, agar lebih berkembang menurut Ansar, perlu didukung oleh Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, Ansar mengingatkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dengan dibantu melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, menganggarkan dengan jumlah yang cukup, supaya lebih banyak event-event seperti ini.

“Nanti, saya akan juga surati Bupati/Walikota untuk mempersiapkan anggaran yang sama untuk memperbanyak pusat-pusat pelatihannya, supaya lahirnya atlit-atlit kelas Nasional dan Internasional dari Kepulauan Riau yang kita banggakan,” ungkap Ansar.

Ansar juga mengapresiasi Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kepri, yang dipimpin oleh Abdul Razak, yang terus menyelenggarakan event-event panahan di Kota Batam.

Seperti kemarin, menggelar panahan di Palm Spring, yang jumlah pesertanya hampir 200 orang, serta rencananya pada Bulan Juni juga ada event Nasional Panahan di Southlink.

Baca Juga :   PIALA KAPOLRES LABUHANBATU HAJAR PS. TUNAS MUDA 5-0 TANPA BALAS PS.POSDA LABURA LOLOS KE BABAK 16 BESAR.

“In Shaa Allah, saya juga akan kembali hadir membuka secara resmi kegiatan tersebut, sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terhadap perkembangan olahraga Panahan di Kepri,” ucap Ansar.

Ternyata, panahan ini jelasnya tidak hanya bicara tentang olahraga, tapi juga pariwisata. Seperti kemarin, ketika dilaksanakan di lapangan golf itu, nuansanya berbeda. Nanti di Palm Spring, nuansanya juga pasti berbeda.

“Nanti, bisa dilaksanakan di Karimun, Bintan di lapangan golf-nya. Saya kira, event-event olahraga pariwisata ini akan memperkuat sport tourism kita di Kepri ini,” harap Ansar.

Memang, sport tourism terus digencarkan Pemprov Kepri untuk pariwisata. Semua kawasan-kawasan pariwisata di Kota Batam dan Kabupaten Bintan, didorong untuk memperbanyak program-program sport tourism ini, baik yang skala Nasional mau pun Internasional.

Kemarin, Ansar juga rapat bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, serta investor untuk membangun Sirkuit Formula 1 untuk di Kabupaten Bintan.

“Mudah-mudahan, dengan ada 1 event ke event yang lain akan lebih cepat memperkenalkan Kepri ini ke mancanegara, dan jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana mendorong atlit-atlit anak-anak kita menjadi atlit-atlit andalan Nasional dan Internasional. Saya kira, potensi itu kita punya, tinggal keseriusan kita dengan KONI untuk membinanya,” ujar Ansar.

Baca Juga :   Jagokan Brazil di Piala Dunia, Ketum FMI : Sepak Bola Mengajarkan Logowo Menerima Kekalahan.

Pada kesempatan ini, Ansar juga menyampaikan, bahwa pada Tanggal 1 April 2022, Kepri sudah membuka pintu-pintu pariwisata, dengan tidak lagi menggunakan pola travel buble, tapi dengan mengikuti pola Vaccinated Travel Lane (VTL), di mana karantina sudah dibebaskan.

Kemudian, hanya perlu Polymerase Chain Reaction  (PCR) masuk ke sini 1 kali. Pemerintah Kepri, juga akan mengejar lagi vaksin booster, sehingga herd immunity dapat terjaga dengan baik.

“Mudah-mudahan, pulihlah ekonomi kita, setelah pariwisata kembali dibuka, supaya kita dapat mengejar angka pertumbuhan ekonomi kita lebih baik. 2020 kita minus 3,8 persen, karena berat sekali pendemi Covid-19, 2021 kita sudah naik plus 3,47 persen. Kalau pariwisata pulih, maka tahun depan, saya yakin 5 sampai dengan 6 persen pertumbuhan ekonomi akan terdongkrak. Selamat bertanding, semoga Allah SWT mudahkan urusan dan pekerjaan kita,” tutup Ansar.

Editor: Budi Adriansyah