Positif Covid-19, 278 PMI Dirawat di RSKI

cMczone.com – Hingga hari ini, Jum’at (8/10/2021) Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) di Pulau Galang, Kota Batam, masih merawat Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tiba di Indonesia karena terkonfirmasi positif Covid-19. 

Seluruh petugas yang tergabung dalam satuan tugas penanganan pemulangan PMI ke Indonesia masih terus dilaksanakan demi memutus penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Penanganan PMI maupun warga asing dilakukan pentahapan sebagai berikut:

1.Mereka (PMI) yang tiba Indonesia akan melaksanakan Swab Antigen terlebih dahulu, kemudian melakukan Tes PCR pertama dan dilanjutkan dengan melaksanakan Isolasi Mandiri selama 8 hari. Setelah hari ke 7 mereka melaksanakan Tes PCR yang kedua. Apabila dalam hasil PCR pertama dan kedua dinyatakan negatif mereka boleh kembali ke kampung halaman dan beraktifitas keluar. Namun apabila di awal kedatangan dengan Test Swab Antigen PMI sudah dinyatakan positif, mereka akan langsung dibawa ke RSKI.

Baca Juga :   Satgas Yonif RK 136/TS Perbaiki Akses Jalan 2 Desa di Kabupaten Teluk Bintuni

2.Kemudian, untuk PMI yang belum melaksanakan vaksinasi, apabila dalam hasil PCR 1 dan 2 negatif akan diberikan vaksinasi.

Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, selaku Komandan Satuan Tugas Khusus Penanganan Pemulangan PMI maupun WNA yang masuk ke Indonesia melalui Kepulauan Riau (Kepri) mengingatkan, agar seluruh petugas yang tergabung dalam Satgas untuk terus melakukan tugasnya dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Check and recheck setiap tugas sesuai fungsi,” tegas Jimmy.

Sementara itu, Pjs Kapenrem 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi mengatakan, tercatat PMI yang melaksanakan karantina berjumlah 1213 orang, 1189 orang PMI/WNI, dan 24 orang WNA baik yang melaksanakan karantina mandiri (8 hotel yang telah ditetapkan) maupun karantina yang telah disiapkan oleh pemerintah (Rusun).

Baca Juga :   Soal Obat Sirup, Polresta Tanjungpinang Lakukan Sosialisasi dan Himbauan...

“Sementara PMI yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang sekarang dirawat di RSKI Pulau Galang berjumlah 278 orang,” ungkap Reza.

Editor : Budi Adriansyah

Sumber : Penrem 033/WP