Jaksa Agung Tetapkan Tujuh Program Kerja Prioritas

cMczone.com – Jaksa Agung melalui Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, mengatakan Jaksa Agung Burhanuddin menetapkan tujuh program kerja prioritas untuk jajarannya.

“Untuk dilaksanakan oleh seluruh jajaran di seluruh Indonesia, baik di lingkungan Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri, dan Cabang Kejaksaan Negeri,” kata Leonard dalam keterangan tertulis, Kamis, 3 Februari 2022.

Dilansir dari rmolaceh, Jaksa Agung, kata Leonard, meminta seluruh jajarannya menegakkan hukum yang menempatkan kebijakan penegakan hukum dan kebijakan kriminal sebagai satu kesatuan dalam Kebijakan Pembangunan Nasional.

Poin kedua, Penegakan hukum harus berlandaskan hati nurani untuk terwujudnya keadilan substantif. Sedangkan poin ketiga, seluruh lapisan kejaksaan harus meningkatkan kualitas penanganan perkara tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang dalam rangka meningkatkan indeks persepsi korupsi.

Baca Juga :   Keterlibatan Jaksa Dalam Pusaran Kasus Djoko Tjandra

Selanjutnya Poin keempat, kata Leonard, melakukan percepat penyelesaian perkara dugaan pelanggaran hak asasi manusia berat secara tuntas dan adil sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Poin kelima, kejaksaan diminta meningkatkan sistem pengawasan internal untuk menciptakan sumber daya manusia kejaksaan yang profesional dan berintegritas.

Untuk poin keenam, kata Leonard, kejaksaan harus meningkatkan kepercayaan publik melalui peningkatan kinerja dan strategi komunikasi hukum yang adaptif, inovatif dan kolaboratif.

“Poin terakhir, seluruh jaksa diminta untuk meningkatkan kredibilitas akuntabilitas kinerja, akuntabilitas keuangan dan maturitas sistem pengendalian internal pemerintah,” kata Leonard.