Ansar Ahmad Tinjau RSUD EHD Tanjung Uban: Gesa Perubahan Status RSUD EHD menjadi RSKJ Provinsi Kepri

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, meninjau secara langsung perkembangan progres perubahan status dan peningkatan tipe Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Engku Haji Daud (EHD) Tanjung Uban yang akan menjadi Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Provinsi Kepri di Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Selasa (21/6/2022).

Turut hadir mendampingi Gubernur Kepri dalam peninjauan RSUD EHD, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri M Bisri dan Direktur RSUD EHD Kurniakin Girsang, beserta Staf Khusus Gubernur Kepri dan Staf RSUD EHD lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur RSUD EHD Kurniakin Girsang, memberikan pemaparan progres terkait perubahan status dan peningkatan tipe rumah sakit yang sudah berada ditahap penyelesaian administrasi dan pemetaan lokasi pembangunan.

Baca Juga :   Menkes dan Gubernur Kepri Tinjau Langsung Imunisasi Anak di Kampung Bulang

“Progres peningkatan tipe rumah sakit dan perubahan status RSUD EHD menjadi RSKJ Provinsi Kepri saat ini sudah berada ditahap penyelesaian persyaratan administrasi untuk pengajuan peningkatan tipe rumah sakit, dan saat ini sedang melanjutkan pemetaan lokasi pembangunan secara menyeluruh yang nantinya akan dibuatkan master plan-nya,” kata Kurniakin.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri M Bisri, turut memaparkan kebutuhan lahan pembangunan kepada Gubernur Kepri.

Menurut Bisri, lahan RSUD EHD saat ini memiliki 2.5 Ha yang masih diperlukan 7.5 Ha lagi untuk memenuhi persyaratan pembangunan dari Kementerian Kesehatan.

“Persyaratan lahan yang diperlukan untuk mendapatkan bantuan pembangunan RS dari Kementerian Kesehatan sebesar 10 Ha, yang saat ini luas lahan yang dimiliki RSUD EHD hanya sebesar 2.5 Ha, untuk itu masih diperlukannya 7.5 Ha lahan lagi untuk pembangunan,” ungkap Bisri.

Baca Juga :   TP-PKK Kepri 'Turun' ke Bintan Bantu Vaksinasi Anak

Menanggapi pemaparan tersebut, Ansar menghimbau agar tim yang menyiapkan persyaratan administrasi dimintai untuk mempercepat persyaratannya untuk penyelesaian pembuatan master plan.

“Saya harapkan, master plan dari lokasi pembangunan RSUD EHD segera dituntaskan, mengingat untuk mengupayakan percepatan proses pemaparan kepada Kementerian Kesehatan, sehingga Provinsi Kepri mendapatkan bantuan pembangunan Rumah Sakit tersebut,” ujar Ansar.

Ansar menyebutkan, bahwa terkait kebutuhan lahan sebesar 7.5 Ha lagi, akan diupayakan dan optimis mencukupkan lahan tersebut, sehingga RSUD EHD nantinya bisa menjadi rumah sakit jiwa rujukan dari seluruh Provinsi Kepri.

“Kita lihat memang di sini gedung-gedungnya bertumpuk, karena lahannya terbatas, baiknya supaya pasien bisa bahagia dan tenang juga, nanti kita perbanyak ruang hijau dan terbukanya,” kata Ansar.

Baca Juga :   Kepri Bakal Punya RSJ: Pasien Gangguan Jiwa Tidak Perlu ke PekanbaruĀ 

Editor: Budi Adriansyah