News  

Aksi Pusaka Kumpulkan 56,29 Kg Sampah

cMczone.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, menggelar Aksi Pusaka (Pungut Sampah Merdeka) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 dengan leading sektor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bintan, Kamis (25/8/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bintan Aprizal Bahar mengatakan, bahwa aksi ini merupakan upaya sosialisasi kepedulian dalam pengurangan sampah di Kabupaten Bintan.

Menurut Aprizal, aksi pungut sampah ini disertai dengan jalan sehat, juga merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar yang harus terus digalakkan.

Aprizal berharap, dengan sosialisasi tersebut aksi peduli pengurangan sampah dari rumah dapat kembali dibudidayakan sejak dini.

Baca Juga :   Tinjau Pulau Karang Singa dan Launching Vaksinasi Booster: Tito-Herindra Tiba di Batam

Hal ini, kata Aprizal, harus dimulai dari lingkungan Pemerintah Daerah sendiri sebagai pelaksana program dalam pengurangan sampah.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan terus digalakkan dimasa yg akan datang,” harap Aprizal.

Selain itu, lanjut Aprizal, dalam rangka penilaian Adipura oleh Kementerian LHK diharapkan partisipasi dari semua pihak untuk dapat menjaga lingkungan sekitar termasuk dengan aksi tidak membuang sampah sembarangan, tidak membakar sampah, dan memulai sejak saat dini untuk melakukan pemilahan sampah mulai dari rumah dengan partisipasi aktif ke bank sampah yang sudah ada wilayah nya masing-masing.

Dalam aksi pungut sampah di sepanjang jalan di Kecamatan Bintan Timur tersebut juga melibatkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bintan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bintan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Bintan, serta Kecamatan Bintan Timur. Akhirnya, mampu mengumpulkan sekitar 56, 29 Kg sampah.

Baca Juga :   Soal Bandara Karimun dan Pelabuhan Malarko, Ansar-Rafiq Temui Menhub dan Deputi VI Kemenko Perekonomian

“Kami juga mengucapkan terima kasih untuk dukungan aksi dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Bintan Timur, yang telah ikut serta mensukseskan aksi ini termasuk penggiat lingkungan/kelompok bank sampah yang turut membantu Pemerintah Kabupaten Bintan dalam pelaksanaan pengurangan sampah di Kabupaten Bintan,” ujar Aprizal.

Editor: Budi Adriansyah