News  

Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 2022: Tiara Cahyani Putri Raih Juara 2 Lomba Kuliner…

cMczone.com – Provinsi Gorontalo menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (PKPI) 2022, yang berlangsung pada tanggal 5-10 Oktober di Kota Gorontalo.

Dikutip dari www.kemenpora.go.id, Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Abdul Muslim mengatakan, Gorontalo dipilih menjadi tuan rumah dengan harapan dapat menggenjot peran pemuda di daerah tersebut.

“Kemenpora memberikan dukungan sepenuhnya untuk Gorontalo, agar ada peningkatan kreativitas pemuda di berbagai bidang,” kata Abdul.

Kegiatan tersebut akan diikuti oleh 98 peserta dan 102 pendamping, yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Jenis lomba yang akan diikuti para pemuda itu terdiri dari film, musik, kreasi, peragaan busana, grafika, kuliner, Informasi dan Teknologi (IT) bidang perangkat lunak (software) dan bidang perangkat keras (hardware).

Dan untuk Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), di Lomba Kuliner, Tiara Cahyani Putri meraih juara II di ajang Festival PKPI tersebut. Sedangkan di Bidang Festival Musik, Hari Capry, yang juga mewakili Provinsi Kepri belum mendapatkan juara.

Baca Juga :   LSM JARA: Kebebasan Demokrasi Jangan Dibungkam Wahai Rektor Uin Ar-Raniry...

“Alhamdulillah, saya selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) bersama tim saya yang berkerja keras, dari dimulainya seleksi peserta PKPI dari kabupaten/kota yang kami seleksi, dan berhasil dua orang peserta yang kami kirimkan ke tingkat nasional untuk berjuang dan bekerja keras untuk membawa nama Provinsi Kepulauan Riau di tingkat nasional. Sehingga tidak sia-sia perjuangan kami, meskipun tanpa anggaran sepeser pun, namun saya bersama tim bekerja dengan ikhlas berbuat yang terbaik untuk provinsi yang kita cintai ini,” ujar Kepala Seksi Peningkatan Kreativitas Pemuda di Dispora Kepri Mukhtar.

Mukhtar mengatakan, atas dasar binaan dan dukungan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kepri Muhammad Ikhsan, Mukhtar bersama tim tetap solid dan bertekad mengangkat nama Kepri di tingkat nasional dalam kegiatan PKPI Tahun 2022 yang diprakarsai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Baca Juga :   Festival Budaya Pacu Jawi 2022 di Ikua Koto Dibalai Lingkungan Taruko Kelurahan Koto Nan Gadang, Panitia : Berkat Pokir H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo!

“Saya merasa sangat bangga atas semua dukungan, terutama Bapak Kadis, Kabid, yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan para tim saya yang berkerja tanpa mengenal lelah dan berkerja dengan ikhlas untuk berbuat yang terbaik untuk Kepri dalam membangun pemuda Kepri, khususnya Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepri,” kata Mukhtar.

Mukhtar juga berkomitmen, untuk membangun pemuda Kepri untuk lebih baik lagi ke depan, tidak hanya dikenal di tingkat nasional, tetapi juga di Asian.

“Biar dikenal oleh dunia, pemuda Kepri, pemuda yang kreatif dan berjiwa ksatria dalam membangun bangsa,” ujar Mukhtar.

Mukhtar mengungkapkan, bahwa kegiatan PKPI adalah kegiatan yang berkesinambungan yang digelar oleh Kemenpora. Setiap tahunnya, bakal bergiliran untuk menjadi tuan rumah kegiatan PKPI ini di setiap provinsi yang ada di Indonesia, untuk mengembangkan pembangunan pemuda yang kuat, kreatif, inovatif, cerdas, dan tangguh.

Baca Juga :   Wilayah Labuh Jangkar di Perairan Kepri Sudah Ditetapkan, Ini Lokasinya

“Sehingga, Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Indonesia, khususnya di Provinsi Kepri, tercapai target dan terbina dengan baik, dan terdapatnya tingkat pengangguran pemuda menjadi berkurang,” kata Mukhtar.

Mukhtar optimis, pemuda Kepri, melalui berbagai kegiatan dan pelatihan, bagi pemuda kreatif di Kepri bisa menopang pembangunan ekonomi usaha kecil menengah yang memadai, sehingga tingkat pengangguran pemuda Kepri bisa di tekan serendah-rendahnya.

“Melalui dari terlaksananya ajang kegiatan PKPI Provinsi, sehingga kita bisa memastikan pemuda-pemuda yang profesional, bisa kita berdayakan memajukan Kepri,” harap Mukhtar.

Dari berbagai aspek pemuda kreatif Kepri yang sudah dihimpun dan mendapatkan data pemuda-pemuda yang kreatif dan profesional, kata Mukhtar, itu bagian dari langkah penting untuk diakomodir pemuda kreatif Kepri, ‘Pemuda Kreatif,  Inovatif, Cerdas, Tangguh, Kepri Berjaya Pemuda Sejahtera’.

Editor: Budi Adriansyah