oleh

Kado Cinta dari Marlin Agustina

Oleh: Suyono Saeran (13 September 2020) 

Nama wanita ini tiba-tiba melesat di tengah hiruk pikuk dunia perpolitikan di negeri ini. Namanya jadi pusat pembicaraan masyarakat dan bahan pemberitaan berbagai media di Kepulauan Riau.

Wanita itu adalah Hj. Marlin Agustina. Seorang tokoh wanita yang lembut dan punya perhatian yang luar biasa pada anak-anak, pada kaum ibu dan pada kehidupan.

Saya memang mengenalnya belum begitu lama. Kurang lebih satu tahun terakhir ketika nama Hj. Marlin Agustina mulai melambung berkat kepeduliannya pada kaum ibu dan anak-anak.

Kemudian saya mencoba menelisik lebih jauh siapa wanita ini. Bagaimana pergaulannya di kalangan masyarakat luas. Apa kiprahnya di sosial kemasyarakatan.

Semua saya coba dalami satu persatu, akhirnya saya bisa mengambil sebuah kesimpulan, bahwa Marlin Agustina adalah seorang wanita yang lembut, perhatian dan penuh kasih sayang.

Ketika dalam sebuah acara yang dilaksanakan di Golden Prawn Bengkong, Kota Batam, belum lama ini, saya amati betul istri dari Walikota Batam, H. Muhammad Rudi, SE, ini.

Dari cara duduknya, bicaranya dan bagaimana dirinya menyapa dan menerima salam dari orang-orang di sekelilingnya. Saat itu ketika dia memasuki ruang pertemuan di Golden Prawn yang di dalamnya sudah ada seratus lebih undangan yang kebanyakan kaum ibu, Marlin Agustina berjalan anggun.

Baca Juga :   Negeriku Sayang Negeriku Malang

Semua mata yang hadir di undangan  tersebut menatapnya penuh kekaguman. Sambil menyalami satu persatu undangan yang hadir, Marlin Agustina terlihat sesekali menanyakan kabar mereka yang disalami dengan akrab. Seolah tidak ada jarak. Seolah teman dekat yang biasa untuk berbagi cerita.

Tak lama kemudian dia mengambil tempat yang sudah disediakan oleh panitia. Di tempat itu istri Calon Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, SE, MM, Dra. Hj. Dewi Kumalasari, MPd, yang sudah duduk duluan di meja yang sama menyambutnya.

Keduanya terlihat saling melempar senyum, berpelukan dan menanyakan kabar masing-masing. Hari itu saya melihat sebuah pemandangan yang begitu mengagumkan. Dua tokoh wanita hebat  duduk bersebelahan, yang satu Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Riau dan yang satunya lagi Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau. Keduanya punya sejarah panjang bagaimana mengukir negeri ini dengan kasih sayang, dengan cinta dan kelembutan.

Kontribusinya begitu besar bagaimana membangun sebuah keadaban, agar negeri ini tetap bermarwah, tetap menjunjung nilai-nilai kemanusiaan dan tetap teguh mencurahkan perhatiaannya pada anak-anak dan kaum ibu di Kepulauan Riau.

Di meja tak jauh, kedua tokoh wanita itu duduk, terlihat H. Ansar Ahmad, SE, MM dan H. Muhammad Rudi, SE, terlihat berbicara akrab. Sesekali keduanya juga mengamati dan melempar senyum kepada istrinya masing-masing. Sebuah suasana yang indah dan begitu hangat hari itu.

Baca Juga :   Contoh Surat Pernyataan Reporter/Jurnalis

Marlin Agustina yang lahir di Meral, Kabupaten Karimun, pada 15 Agustus 1971 merupakan tokoh wanita yang tak asing di Batam dan Kepulauan Riau.

Wanita yang pernah mendapat penghargaan tingkat nasional tahun 2017 sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini merupakan wanita tangguh. Perannya begitu kuat dalam mewarnai kebijakan H. Muhammad Rudi, SE, sebagai Walikota Batam.

Tak mengherankan kalau Batam belakangan meraih kemajuan yang luar biasa. Selain kepiawaian Rudi dalam mendorong kemajuan Batam, tak dinapikan ada peran Marlin Agustina yang setiap detik setiap waktu berkontribusi dalam pemikiran dan sumbangsih ide cerdas pada suaminya untuk memacu Batam mendulang kemajuan seperti sekarang ini.

Marlin Agustina yang juga Bunda Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Kota Batam ini juga punya peran yang besar dalam mendorong kaum ibu di Batam untuk berdiri di garda paling depan dalam menguatkan fungsi dan perannya di roda pembangunan.

Baginya kaum wanita adalah salah satu pemegang kunci sukses dalam semua sektor yang tidak bisa diabaikan. Sukses masyarakat, daerah bahkan negara menurut Marlin, berangkat dari kualitas kaum wanita dan kaum ibu. Perannya tidak lagi berada di bawah. Tetapi harus sama-sama saling menguatkan demi kokohnya perjuangan demi memakmurkan negeri dan masyarakatnya.

Baca Juga :   Wong Cilik Yang Tidak Pernah Dapat THR Maupun gaji ke-13

Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam ini juga punya kepedulian yang tinggi terhadap masa depan anak-anak di Kepulauan Riau.

Baginya setiap anak punya hak yang harus dipenuhi untuk memperoleh pendidikan yang layak, kesehatan yang terjamin serta masa depan yang baik. Karena masa depan Kepulauan Riau sangat tergantung pada anak-anak saat ini yang akan menyambut estafet kepemimpinan negeri di masa akan datang.

Karenanya, tiada henti Marlin curahkan cinta dan kasih sayangnya pada anak-anak di Kepulauan Riau, khususnya di Batam.

Dalam setiap moment dan kesempatan, ketika dia turun ke masyarakat dia perhatikan nasib anak-anak di daerah yang dikunjunginya. Dia belai kepala anak-anak itu penuh kasih. Dia peluk dan menanyakan sekolahnya.

Bahkan tak jarang Marlin Agustina meneteskan air mata bila melihat anak-anak yang dijumpainya tidak bisa menikmati dunia anak seperti teman-teman sepermainannya.

Melihat kenyataan seperti itu, Marlin sepenuh hati membantunya. Dia berikan kado cinta sepenuh hati. Dia curahkan kasih sayang sepenuh jiwa. Demi anak-anak Kepulauan Riau. Demi masa depan nasib negeri yang kita cintai.

Komentar

Berita Lainnya