Contoh Surat Pernyataan Reporter/Jurnalis

Pekanbaru,(cMczone.com) – Dunia pers semakin makin maju dan berkembang Namun jika melihat aktivitas jurnalistik dewasa ini pun seolah-olah sesuatu yang mudah saja. Hingga tidak sedikit orang dengan minim pengetahuan serta modal sekadarnya memutuskan menjadi reporter/Jurnalis. Biasanya mereka memulai dengan bergabung di media madia kecil, atau ada pula yang langsung menembak media dengan standar lebih berat. Lalu jadilah wartawan/reporter.

Reporter di masa lalu, dan reporter yang berkiprah hari ini cukup memiliki perbedaan. Para reporter senior biasanya didik dengan begitu berat dan profesional, tidak dengan cara cepat. Dengan mengandalkan alat tulis, notes, dan daya ingat membuat Reporter memiliki daya jelajah yang luar biasa. Mereka amat fokus pada bahan liputan, ini bisa dibandingkan dengan Jurnalis yang saat ini semata-mata mengandalkan alat elekronik atau mungkin handphone yang memiliki alat rekam. Liputan terasa sangat mudah gampang.

Reporter mewakili kepentingan publik. Maka tidak seharusnya profesi ini tidak digeluti seseorang yang sekadar ingin menumpang hidup, karena memiliki rencana lain untuk melompat pada kepentingan pragmatis di kemudian hari. Maka syarat utamanya, ia harus peduli pada kesinambungan aktivitas jurnalistik yang tidak pernah berhenti setiap hari.

Untuk menjaga agar Reporter selalu berada dalam Koridor serta untuk menjaga agar Reporter selalu ingat akan batas batas ataupun ketentuan ketentuan yang ada maka sebelum dinyatakan bergabung pada sebuah Media alangkah baiknya Reporter yang akan bergabung untuk membuat surat pernyataan terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa contoh surat pernyataan Reporter/Jurnalis

SURAT PERNYATAAN REPORTER/JURNALIS

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama              :

TTL                 :

Agama            :

No. KTP          :

Alamat            :

Dengan ini saya selaku Reporter/Jurnalis media Online cMczone.com (nama Daerah) menyatakan :

  1. Siap di tindak tegas sesuai dengan aturan Hukum dan aturan media Online cMczone.com bahwa : Bila saya melakukan Perbuatan Melawan Hukum/Pidana atau melanggar UU Pers No. 40 Thn 1999 dan ketentuan yang telah disepakati dengan media Online cMczone.com.
  2. Menjamin dan bertanggung jawab secara Hukum bahwa seluruh data dan informasi yang saya berikan dan saya publikasikan adalah benar dan bisa dipertanggung jawabkan untuk kepentingan Keredaksian, pemberitaan/ publikasi, sesuai dengan UU Pers No.40 Thn 1999.
  3. Siap untuk tidak menyalah gunakan wewenang dan tugas Jurnalis selain untuk kepentingan Masyarakat serta kepentingan dan menjaga nama baik media cMczone.com.
  4. Bersedia dan turut serta membantu pemerintah dan masyarakat dalam pengawasan, monitoring untuk kepentingan informasi publik melalui media Online cMczone.com.
  5. Siap untuk mampu bekerjasama dengan mitra usaha swasta dan instansi baik Pemerintah maupun dari TNI dan POLRI sehingga terciptalah suatu hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan tanpa harus mengurangi kebebasan Pers.
  6. Bersedia mengirimkan atau memuat berita paling sedikit 1 (satu) berita setiap hari, Serta berkordinasi dan bekerjasama dengan Ka, Biro atau Ka.Perwakilan atau Pimred.
  7. Apa bila saya tidak menjalankan aturan yang telah ditetapkan redaksi cMccom maka saya bersedia untuk di tegur atau sampai diberhentikan dengan cara dicabut surat tugas atau KTA Jurnalis saya.
Baca Juga :   Perlu Kebijakan yang Berani dalam Tekan Inflasi

Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dalam keadaan sadar, sehat jasmani dan rohani, tanpa ada paksaan dari pihak manapun, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

………………..,…………………2019

Yang menyatakan                                                                                                                      Mengetahui

Ka. Biro(nama Daerah)

Matrai

6.0000

(……………………….)                                                                                                               (……………………….)