H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Bagikan Ribuan Bibit Jeruk Siam Unggul Bersertifikat di Gunuang Omeh

Limapuluh Kota,cMczone.com – Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo bagikan 3600 batang bibit jeruk Siam bersertifikat kepada KWT (Kelompok Wanita Tani) Saiyo di Jorong Ikan Banyak Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh Kabuapaten Limapuluh Kota, Minggu 05 Desember 2021.

 

KWT Saiyo menerima Hibah untuk 20 anggota kelompok yang nantinya akan ditanam di Lahan masing masing KK, disamping itu KWT Saiyo juga menerima Hibah Pupuk TSP sebesar 7200 Kg dan ZA 1800 Kg.

Dalam Pengelolaan bantuan hibah ini dilakukan secara berkelompok yang di koordinir oleh Ketua Kelompok KWT Saiyo.

 

Baca Juga :   SDN 61 Tarok Diduga Lakukan Pungutan Berbalut Infaq Kepada Wali Murid..

Bibit Unggul bersertifikat Jeruk Siam ini sudah berumur 1 tahun, selanjutnya pada umur 2,5 tahun biasanya Jeruk sudah mulai berbuah dan siap panen.

 

Adapun Pemanfaatan hasil nantinya akan diatur berdasarkan musyawarah kelompok dengan mengutamakan kebutuhan konsumsi pangan anggota kelompok.

 

Ketua Kelompok Tani Wanita (KWT) Saiyo, Eti Murni (56 th) beserta anggota kelompok lainnya berterima kasih yang sebesar besarnya kepada H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo yang telah mendengarkan aspirasi mereka yang mereka sampaikan dikala reses tahun 2019 yang lalu, : ” Terima kasih pak Datuk H.Nurkhalis atas Pokirnya dan juga Dinas Pangan Provinsi Sumbar yang telah mempercayakan KWT sebagai penerima hibah. Mudah mudahan Hibah ini bisa meningkatkan ekonomi keluarga anggota kelompok nantinya dan kami berjanji akan menanam, merawat Hibah bibit Jeruk ini sampai berbuah ” pungkasnya.

Baca Juga :   ABS ! Tanpa dibantu Wabup, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Katanya Sukses Membangun Sesuai Visi-Misi?

 

H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo kepada media manyatakan : ” Bibit Jeruk Siam tersebut merupakan bibit unggul bersertifikat yang disalurkan oleh Dinas Pangan Provinsi Sumbar ” Ujarnya.

 

” Kalau dirawat dengan baik sesuai dengan arahan Dinas, Insyaallah Hasilnya akan baik untuk membantu ekonomi Keluarga Anggota kelompok ” tukuknya.

” Setiap Daerah punya tingkat hara tanah yang berbeda beda, Jeruk bagi masyarakat gunuang Omeh sudah seperti kearifan lokal dan sangat cocok untuk ditanam disana, sehingga kita buat percontohannya di daerah tersebut, tapi tidak menutup kemungkinan daerah lain di Limapuluh Kota dan Payakumbuh akan kami kembangkan juga kedepannya ” pungkasnya.