Harbour Front Dibuka, Ansar Ahmad Minta Operator Kapal Cepat Kepri-Singapura Sesuaikan Harga

cMczone.com – Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa Harbour Front Ferry Terminal Singapura akan kembali dibuka pada hari ini Rabu (15/6/2022) untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 melanda.

Dibukanya kembali Harbour Front tersebut, merupakan realisasi usulan dari Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, kepada Pemerintah Pusat untuk melobi Pemerintah Singapura membuka kembali pelabuhan utamanya tersebut selain Tanah Merah Ferry Terminal.

Menindaklanjuti hal tersebut, Ansar melakukan pertemuan dengan beberapa operator kapal cepat yang melayani trip Kepri-Singapura, yaitu Majestic Ferry, Sindo Ferry, Batam Fast dan Horizon Ferry, di Meeting Room, Aston Hotel, Kota Batam, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga :   Rakortas bersama Para Menteri, Ansar Ahmad Minta Travel Bubbel Segera Direalisasikan

Untuk lebih menggairahkan antusiasme wisatawan asing, Ansar meminta para operator kapal cepat tersebut untuk melakukan penyesuaian harga tiket trip Singapura-Kepri dan sebaliknya secara berangsur.

“Dengan dibukanya kembali Harbour Front, diikuti dengan penyesuaian harga tiket, juga relaksasi lain seperti Visa on Arrival, saya yakin antusiasme wisatawan mancanegara (wisman) dari Singapura akan melonjak untuk datang ke Kepri, yang pasti mereka rindukan itu,” ujar Ansar.

Untuk memastikan trip di hari pertama pembukaan kembali Harbour Front tersebut lancar, mantan Legislator Senayan ini meminta kepada Kepala DInas Pariwisata Buralimar, dan Kepala Dinas Perhubungan Junaidi, untuk memonitor kedatangan wisman dari Singapura.

Ansar juga menyatakan masih mengupayakan jumlah negara subjek bebas visa kunjungan agar dapat berjumlah sebanyak sebelum pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Tinjau Rencana Penataan Kawasan Wisata Sei Enam

“Kita akan usahakan agar Visa on Arrival (VoA) dihapus. Saat ini ada 9 negara bebas visa kunjungan, 72 VoA, yang 72 negara diupayakan sebagaimana sebelum Covid ada 169 negara BVK,” imbuh Ansar.

Pada kesempatan yang sama, Buralimar mengatakan, akan ada 35 trip feri berlayar dari Batam ke Harbour Front Ferry Terminal di Singapura pada pembukaan kembali Harbour Front ini.

“Dari Batam Center ada Majestic 9 kali, Sindo 9 kali, Batam Fast 9 kali dan Horizon 8 kali dari Harbour Bay,” jelas Buralimar

Sedangkan trip ke Tanah Merah Ferry Terminal yang juga beroperasi, kata Buralimar, akan ada trip dari Pelabuhan Feri Internasional Batam Center, ada Majestic Ferry 3 trip dan Sindo Ferry 3 trip serta 2 trip feri Batam Fast dari Nongsa Pura Ferry Terminal.

Baca Juga :   Asa Ansar Ahmad Soal Pariwisata Kepri Terjawab: BRC dan RWC Teken MoU

Editor: Budi Adriansyah