Koperasi Mitra Tani Indragiri Diberikan Tanggung Jawab Membangun Desa Oleh Pemerintahan Desa dan Para Tokoh Talang Durian Cacar

cMczone.com – Rapat terkait Ketahan Pangan serta perawatan Jalan Desa yang dihadiri oleh Kepala Desa Talang Durian Cacar, Nanang Wiranto, BPD Bapak Gawek, Ketua karang taruna syarif, lembaga adat desa bathin Model dan Kadus kadus yangg ada di desa talang durian Cacar. Selain itu turut hadir beberapa perwakilan dari kelompok tani ,dan pengurus Koperasi Produsen Mitra Tani Indragiri Desa Talang durian Cacar, kecamatan Rakit Kulim, kabupaten indragiri hulu, pada Sabtu 17 september 2022.

Dalam pertemuan tersebut membahas tentang keselarasan pihak pemerintah desa, lembaga adat desa dan Koperasi, tentang program desa dan koperasi terkait SWASEMBADA PANGAN Desa.

Baca Juga :   Kades Nanang Wiranto Serahkan Langsung Berkas 20 Kelompok Tani Desa Talang Durian Cacar

Selaku Kades desa talang durian Cacar Nanang Wiranto yang juga di damping oleh BABINKAMTIBMAS pak TAMPU dan BABINSA Serda junaidin, membahas dan mengkaji tentang program antara desa, adat dan Koperasi, mengenai ketahanan pangan desa dan perawatan jalan desa.

Kades menyampaikan “yang pertama tentang potensi desa kita ini sebenarnya besar, karena luas wilayah desa kita  luas, tentu jalan desa/poros tentu panjang. yang selama ini kurangnya perhatian dari masing masing pihak sepertinya Semua mau berjalan sendiri sendiri, tidak tau atau tidak sadar tentang “di mana langit di junjung dan di mana Bumi di pijak”,dengan tokoh tokoh adat pun tidak mau tau”ungkap Kades

Baca Juga :   Koperasi Mitra Tani Indragiri Lakukan Kerja Sama Jual Beli Pupuk Untuk Petani Sawit

Di dalam pertemuan ini, Salah satu tokoh adat pak bathin Model ,juga turut mengeluarkan statment tentang yang di bahas hari ini.”saya ini sudah tua, masih ingin juga datang, jika ada pertemuan pertemuan seperti ini, selagi untuk baik dan benar, saya akan datang”, Sekarang ini dari 8 kadus yang di undang, Hanya 5 Kadus yang hadir. ini saya lihat Sekdes pun tak hadir. padahal kantor desa ini di samping rumah nya, mari kita lakukan perubahan yang lebih baik untuk Desa kita”ujar Bathin Model

Setelah ada masukkan dari pihak Babinkamtibmas dan Babinsa. didalam pertemuan tersebut, pemerintah desa lembaga adat , BPD dan juga karang taruna meyepakati dan menyetujui , setelah menimbang dan kami putuskan bahwa Koperasi Mitra Tani Indragiri yang ada sekarang ini agar dapat membantu melaksanakan program tersebut, di tunjuk sebagai pelaksana baik itu ketahanan pangan dan perawatan jalan desa.

Baca Juga :   Jalan Penghubung Di Kabupaten Inhu Semakin Rusak Parah

“Saya berharap semua pihak yang hadir dan yang tidak hadir  mau mengikuti serta komitmen dengan apa yang sudah di sepakati bersama saat ini, semua ini demi kebaikan serta demi kemajuan Desa yag kita cintai ini”Ujar Kades Nanang Wiranto.