Kata Sandiaga, Wisatawan ke Kepri Terbanyak Setelah Bali

Batam, cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, di Terminal VIP Bandara Hang Nadim, Kota Batam, Jumat (21/1/2022).

Kunjungan Sandiaga ini dalam rangka meninjau kesiapan Kepri menjelang akan diberlakukannya travel bubble. Terutama untuk kawasan wisata yang ada di Nongsa, Kota Batam dan Lagoi, Kabupaten Bintan.

Setibanya di Kota Batam, Sandiaga sempat berdiskusi singkat dengan Ansar. Dalam kesempatan ini, Ansar menjelaskan tentang kondisi pariwisata Kepri, bagaimana kondisi sebelum pandemi Covid-19, selama pandemi dan pasca pandemi.

Ansar menyampaikan kepada Sandiaga, bahwa kondisi sektor pariwisata di Kepri selama 2 tahun belakangan benar-benar telah mengalami keterpurukan karena Covid-19. Para pegiat pariwisata  juga sudah mulai berteriak karenanya.

Baca Juga :   Tinjau Bandar Bentan Telani, Sandiaga: Bintan Siap Travel Bubble

“Kemudian, kita coba berbuat yang terbaik di Kepri dengan membuka ivent-ivent yang bisa meningkatkan kunjungan pariwisata yang ada,” ungkap Ansar.

Untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan sehat bagi dunia wisata, lanjut Ansar, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri menjadi satu-satunya provinsi yang menyiapkan vaksin booster untuk pelaku pariwisata dengan total, di Lagoi pada launching beberapa minggu yang lalu dilakukan kepada 1.000 orang dan di Nongsa sebanyak 500 orang.

Dan totalnya terdapat sekitar 6.500 pekerja wisata, keluarga dan masyarakat di sekitar area wisata Lagoi dan Nongsa yang akan di vaksin booster hingga 25 Desember 2022.

Mendengar pemaparan singkat Ansar tersebut, Sandiaga menyemangati Gubernur Kepri dan jajarannya untuk tetap memberikan yang terbaik untuk Kepri dan masyarakat.

Baca Juga :   Sandiaga: 'QR Code' Aspek Penting Suksesnya Travel Bubble

“Kita akan membuka travel bubble, membuka pelabuhan yang ada di Batam dan kita bangkitkan lagi ekonomi di Kepri. Pokoknya, Kepri harus siap untuk bangkit. Kita tahu, di Kepri ini wisatawan terbanyak setelah Provinsi Bali,” ujar Sandiaga.

Didampingi langsung oleh Ansar, dari Bandara Hang Nadim, Sandiaga dan rombongan langsung menuju Nongsa untuk meninjau langsung kondisi wisata di Nongsa Marina & Resort.

Selanjutnya, sesuai agenda, bahwa selama di Kota Batam Menparekraf bersama Gubernur Kepri serta rombongan juga melakukan peninjauan Batam Tourism Polytechnic, kemudian dilanjutkan dengan sholat Jumat di Masjid Jabal Arafah, Kota Batam. Dan usai shalat Jumat, dilanjutkan dengan jamuan makan siang bersama di Harbour Bay.

Baca Juga :   Kunjungan Wisman ke Kepri Naik Hingga 101.93 Persen

Selesai agenda kegiatan di Kota Batam, Menparekraf akan menyeberang ke Pulau Bintan untuk meninjau kondisi wisata yang ada di kawasan Lagoi.

Ansar mengatakan, sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sejauh ini telah memberikan perhatian khusus dan lebih kepada masyarakat Kepri, terutama dalam upaya menggolkan program travel bubble.

Karena, kata Ansar, program travel bubble ini diyakini sangat efektif untuk bisa mengembalikan geliat dunia wisata yang selama pandemi cenderung murung.

“Saya selalu katakan, bahwa tahun 2022 ini merupakan momentum bagi Kepri untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi. Selama ini dunia pariwisata adalah sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, melalui travel bubble diharapkan  dunia pariwisata Kepri bisa bangkit lagi,” kata Ansar.

Editor: Budi Adriansyah