Brigjen TNI Jimmy Ajak Masyarakat Kepri Budidaya Tanaman Hortikultura

cMczone.com – Tanaman hortikultura tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, budidaya tanaman jenis ini menghasilkan beraneka ragam buah yang dapat dikonsumsi dengan berbagai kandungan vitamin yang baik bagi tubuh dan ternyata juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Yang termasuk ke dalam jenis buah-buahan hasil budidaya tanaman hortikultura diantaranya tomat, semangka, jeruk, mangga, melon, stroberi, rambutan, pepaya, jambu, pisang, nanas, apel, anggur, dan lain-lain.

Diketahui, bahwa di salah satu swalayan di ibu kota Jakarta harga pepaya california bahkan dibanderol hingga menembus harga Rp. 19.000-Rp. 23.000 per Kilogramnya.

Dalam situasi pandemi Covid-19 yang telah 2 tahun lebih melanda hampir di seluruh dunia tentu sangat berdampak terhadap ekonomi di dalam kehidupan rumah tangga di masyarakat.

Baca Juga :   PMI di Karantina Bertambah, Brigjen Jimmy Himbau Petugas Patuhi Prokes

Seiring dengan kondisi masyarakat yang sedang bangkit menuju era endemi, budidaya tanaman hortikultura dapat menjadi peluang yang menjanjikan untuk kembali menguatkan ekonomi masyarakat.

Menyadari hal tersebut, Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu berharap dan mendorong para Dandim, Danramil dan para Babinsa-nya untuk mampu memberikan yang terbaik dalam menjawab ancaman pangan di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir sampai kwartal 2 di Tahun 2022 ini.

Sekaligus membantu masyarakat dengan mampu berpikir dan bertindak kreatif dalam menghadapi situasi Covid-19.

“Hal ini juga sudah menjadi kewajiban sebagai seorang Prajurit yang tertuang dalam 8 Wajib TNI,” kata Jimmy.

Himbauan tersebut, lanjut Jimmy, ditindaklanjuti melalui pembuatan lahan demplot ketahanan pangan yang dikembangkan di Korem 033/WP dan Kodim 0317/TBK, dengan membudidayakan tanaman hortikultura, yaitu pepaya california dan pisang cavendis.

Baca Juga :   Tiba di Indonesia, 213 PMI Negatif Covid-19

“Selanjutnya pada Rabu (18/5/2022) telah berhasil melaksanakan masa panen untuk budidaya buah pepaya california,” ungkap Jimmy.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa TNI-AD, khususnya Korem 033/WP berserta jajarannya akan terus berupaya untuk menjadi solusi di tengah kesulitan masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Jimmy juga menghimbau kepada seluruh prajurit Korem 033/WP untuk selalu pelihara mentalitas, kreatif dan kerja cerdas untuk membangun karakter cerdas di tengah masyarakat dalam berswasembada tanaman hortikultura.

Kemudian, Jimmy menekankan kepada para Babinsa di seluruh satuan Kodim jajaran Korem 033/WP untuk bina masyarakat di desa-desa atau kampung-kampung dalam membangun karakter yang mandiri dan mampu memanfaatkan lahan-lahan kosong/tidur di wilayah binaannya masing-masing.

Baca Juga :   Antisipasi Bencana Banjir, Satgas Yonif RK 136/TS Lakukan Normalisasi dan Pembersihan Saluran Air

“Hal tersebut diharapkan dapat memicu kemandirian masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah Provinsi Kepri,” tutup Jimmy.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Penrem 033/WP