Antisipasi Bencana Banjir, Satgas Yonif RK 136/TS Lakukan Normalisasi dan Pembersihan Saluran Air

cMczone.com – Upaya Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS dalam membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat di daerah penugasan, personel Pos Yembun Satgas Yonif RK 136/TS menggelar karya bakti pembersihan lingkungan pasca terjadinya bencana alam banjir di Kampung Metnayam, Distrik Yembun, Kecamatan Yembun, Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, Jumat (15/7/2022).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 136/TS Letkol Inf Andi Ariyanto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/7/2022).

Dikatakan Andi, adapun kegiatan karya bakti yang dilakukan anggota Pos Yembun dengan warga Kampung pada Senin (18/7/2022) kemarin meliputi normalisasi dan pembersihan saluran irigasi serta saluran air dari sampah-sampah serta tanaman-tanaman yang berpotensi menyumbat aliran air tersebut.

Baca Juga :   Hari Pertama Ops Ketupat Seligi 2022, AKBP Tidar Bagikan Takjil pada Masyarakat

“Ini sebagai implementasi dari Tujuh Perintah Harian Kasad, di mana TNI-AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat dan menjadi solusi. Salah satunya kegiatan ini untuk mencegah terjadinya bencana banjir seperti pada hari Senin kemarin,” ujar Andi.

Andi berharap, dengan kegiatan ini, semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, sekaligus memperkokoh kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat.

Hal senanda juga disampaikan oleh Lettu Inf Firsan Hadly, selaku Komandan Pos (Danpos) Yembun Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS.

Firsan mengatakan, bahwa kegiatan karya bakti pembersihan lingkungan yang dilakukan oleh anggota Pos Yembun merupakan kepedulian TNI-AD dalam hal ini Pos Yembun Satgas Yonif Raider Khusus 136/TS dalam rangka membantu kesulitan masyarakat di sekelilingnya.

Baca Juga :   Hari Bhayangkara ke-76: Polresta Tanjungpinang 'Bakti Sosial Religi' di Rumah Ibadah

“Kita akan terus berupaya jangan sampai bencana banjir di Kampung Metnayam terjadi lagi, karena akan berdampak terhadap warga kampung. Oleh karenanya kita lakukan pembersihan lingkungan sebagai langkah dalam mengantisipasi dan meminimalisir penyebab timbulnya bencana tersebut,” kata Firsan.

Editor: Budi Adriansyah