Ansar Ahmad Groundbreaking Pembangunan Rumah Sakit Pembantu TNI AD Batam…

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Rumah Saktit Pembantu (Rumkitban) TNI AD di Bengkong Permai, Kota Batam, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Ansar mengatakan, bahwa pembangunan bidang kesehatan menjadi salah satu fokus utama dari pemerintah.

Dikatakan Ansar, bahwa pemerintah juga terus berupaya membangun berbagai sarana dan fasilitas kesehatan sebagai penunjang kesehatan masyarakat di Kepri.

Sebagai tugas mandatori yang mesti diimplementasikan, hari ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri kembali membangun fasilitas kesehatan, yakni Rumkitban TNI AD yang bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Keberadaan Rumkitban ini nantinya, sambung Ansar, diharapkan bisa memberikan pelayanan kesehatan, tidak hanya kepada anggota TNI AD dan keluarga saja, tapi juga kepada masyarakat umum yang ada di sekitar sini.

Baca Juga :   Lamidi: Membangun Daerah Harus Selalu dengan Kehati-hatian

“Karena keberadaan rumah sakit Rumtikban juga menjadi sarana pemenuhan prasaran kesehatan masyarakat di Kepri,” kata Ansar.

Sejauh ini, sarana dan prasarana kesehatan yang tersedia di Kepri, yakni tercatat 54 rumah sakit, 93 Puskesmas dan 254 klinik. Di mana, semua ini tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Kepri, dengan sebagian besarnya di Kota Batam.

Ansar juga berharap, keberadaan Rumkitban akan mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), khususnya di bidang kesehatan. Sejuah ini indeks IPM Kepri mengalami peningkatan sebesar 0,20 poin.

“Jika pada Tahun 2020 IPM kita sebesar 75, 59 persen maka pada Tahun 2021 menjadi 75, 79 persen. Dan IPM Kepri ini, menjadi yang teratas untuk regional Sumatera,” tambah Ansar.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Terus Pantau Penataan Pulau Penyengat dan Bandara RHA Karimun

Mantan Bupati Bintan dua periode tersebut berharap, dengan terus membaiknya kualitas kesehatan di Kepri, secara langsung berdampak pada meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kepri. Di mana, ekonomi Kepri pada kuartal pertama Tahun 2022 tumbuh 2,83 persen, dan kembali naik melejit pada kuartal kedua menjadi 5,01 persen.

Sementara itu, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistianto mengatakan, pembangunan Rumah Sakit Pembantu TNI AD 01.08.03 Kesdam I Bukit Barisan, Bengkong, Kota Batam ini sendiri, terlaksana berkat dukungan penuh dari Pemprov Kepri.

Diharapkan, keberadaan Rumkitban ini nantinya, akan bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi kurang lebih 700 an Kepala Keluarga anggota dan keluarga TNI AD.

“Apalagi pembangunan Rumkitban baru ini terus kita maksimalkan. Dengan harapan, agar, Rumkitban ini bisa cepat siap, dan melengkapi layanan yang sudah ada,” jelas Yudi

Baca Juga :   LBH PEKAT IB Riau Jalin Sinergitas Dengan Komisi Yudisial Provinsi Riau

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan Bakti Sosial TNI bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kesehatan Angkatan Darat Ke-77, dengan menggelar kegiatan khitanan massal dan pelayanan Keluarga Berencana, yang bekerja sama dengan BKKBN Provinsi Kepri.

Editor: Budi Adriansyah